Biografi singkat Asy Syaikh Yaasin thoha Al ‘azawi (Tokoh Hizbut Tahrir Irak)

Islam Will Dominate: Biografi singkat Asy Syaikh Yaasin thoha Al ‘azawi (Tokoh Hizbut Tahrir Irak)


Kehidupan Beliau
Asy Syaikh al haafidz rahimahullah tidak memiliki pengelihatan (buta, subhaanaLlaah). Ribuan penuntut ilmu di Irak telah belajar kepada Beliau rahimahullaah. Beliau telah berkomitmen untuk mendedikasikan hari-hari terakhir beliau yang baik guna memberikan pelajaran secara cuma-cuma kepada mereka tanpa memungut biaya, dan menyerahkan perhitungan amal itu kepada Allah Ta’aalaa. Asy Syaikh yang buta -semoga Allah mengasihi beliau- adalah seorang anggota Hizbut Tahrir. Beliau adalah teladan yang baik dalam pengorbanan, amal dan ketekunan di medan dakwah. Karena itulah beliau telah mengalami kesulitan dan penangkapan pada rezim pemerintahan yang lalu. Pada tahun 1974, beliau menghadapi hukuman penjara selama 15 tahun. Ketika Irak mengalami invasi pada tahun 2003, Asy Syaikh -rahimahullah- tetap melanjutkan tujuannya dan tidak ada sesuatu pun yang mampu membelokkan beliau dari jalan dakwah dan dari perjuangan untuk melanjutkan kembali kehidupan islam dengan mendirikan Khilafah Rasyidah yang berdiri di atas manhaj kenabian. Beliau juga dikenal dengan sikap penentangannya terhadap pendudukan (Amerika atas Irak), penentangannya terhadap Pemerintahan Irak dan seruannya untuk melakukan Jihad terhadap tentara pendudukan.

Ijazah beliau dalam meriwayatkan Qiro’ah Imam ‘Aashim bin Abil Najuud al kuufiy
Asy syaikh -rahimahullaah- biasanya memberi ijazah kepada murid-muridnya dengan dua qiro’ah, yakni qiro’ah ‘Aashim Syu’bah dan qiro’ah Hafsh. Beliau mengambil qiro’ah itu dengan ijazah dari Syaikh Hasan Ali Dawud Al ‘Amiri. Beliau juga memberi ijazah qiro’ah Ibnu Katsir Al Maaki. Selain itu, beliau juga belajar dan membaca qiro’ah dihadapan Syaikh Muhsin Ath thorwuthiy Al Mishriy dan beliau memberi ijazah qiro’ah tujuh dari Asy Syaathibiyyah.

Wafat
Asy Syaikh Yaasin Al ‘azawi wafat pada hari selasa 24 Dzulhijjah 1426 H bertepatan dengan tanggal 24 Januari 2006 M setelah mengalami serangan jantung pada umur 70 tahun. Semoga Allah merahmati beliau.


Sumber yang dipakai wiki:
Al Wa’ie Arab edisi 228, Muharram 1427 H/ februari 2006
situs “Al Islam Al Yaum” dengan artikel berjudul “wafatnya seorang tokoh besar pembaca Al qur’an dan anggota majma’ baghdad al ilmiy (dewan ilmu pengetahuan Baghdad)”, Selasa, 24 Dzulhijjah 1426, atau 24 februari 2006.
Bacaan al Qur’an beliau bisa di download di:
http://www.mullataha.googlepages.com/
http://www.mullayaseen.googlepages.com/
http://www.mullataha.googlepages.com/mada27
http://www.mazameer.com/vb/t44869.html
[titokpriastomo./ www.globalmuslim.web.id]

0 komentar:

Posting Komentar

Peternakan Kelinci Holland Lop Sheno dan Rizky
Jl. Cikadut Dalam (Arah Terminal Cicaheum Bandung) No. 270, RT 6/ RW 3, Mandalajati, Karang Pamulang, Mandalajati, Kota Bandung, Jawa Barat 40273
0819-1050-0571

www.jualkelincihollandlop.info