Adil

Kata adil berasal dari bahasa Arab yang berarti tidak berat sebelah, jujur tidak berpisah atau proporsional. Pengertian adil menurut istilah ilmu Aklak berarti meletakkan sesuatu pada tempatnya, menerima hak tanpa lebih dan memberi hak orang lain kurang, memberi hak setiap yang berhak secara lengkap, tidak melebihi dan tidak mengurangi antara sesama yang berhak dalam keadaan yang sama, dan menghukum orang jahat atau melanggar hukum sesuai dengan kesalahan dan pelanggarannya. Banyak ayat-ayat Al Quran yang menganjurkan umat islam untuk berlaku adil antara lain QS. An Nisa ayat 58 dan 135, Al Maidah ayat 8, An Nahl ayat 90, An Najm ayat 38-42, Al Hujurat ayat 9.

Allah SWT Maha Adil yang wujud keadilannya antara lain ditetapkan bahwa setiap manusia masing-masing bertanggung jawab atas perbuatannya sendiri. Seseorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain dan tidak memperoleh pahala selain apa yang diusahakannya sendiri. ( An Najm ayat 38-42 ).
Berlaku adil dapat dikelompokkan menjadi empat yaitu :

1. Berlaku adil kepada Allah SWT artinya kita menempatkan Allah pada tempatnya yang benar dengan jalan bertakwa kepada Nya, menempatkan Allah sebagai Khalik yang tiada sekutu baginya.
2. Berlaku adil kepada diri sendiri yaitu menempatkan diri pribadi pada tempat yang baik dan benar yakni dengan bersikap dan berperilaku yang baik, di ridhai Allah dan bermanfaat buat dirinya seperti tekun menuntut ilmu, rajin beribadah, disiplin, dan lain-lain.
3. Berlaku adil kepada makhluk lain yakin dengan menempatkan makhluk lain pada tempatnya yang sesuai misalnya adil kepada binatang dengan jalan memberi makan yang memadai bahkan seumpamanya kita menyembelih harus juga adil yaitu menggunakan pisau yang tajam dan ketentuan penyembelihan yang sesuai syariat Islam. Adil pada lingkungan antara lain dengan menjaga kelestarian dan memanfaatkannya secara proporsional.

Berbuat adil akan mendatangkan beberapa manfaat seperti :
1. Terciptanya rasa aman, tenang, tentram, dalam jiwa dan tidak ada rasa khawatir kepada orang lain karena tidak pernah melakukan perbuatan yang merugikan atau menyakiti orang lain
2. Membentuk pribadi yang dapat melaksanakan kewajiban dengan baik, taat dan patuh kepada perintah Allah SWT melaksanakan perintah Nya dan meninggalkan larangan Nya dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab
3. Menciptakan ketentraman dan kerukunan hidup, hubungan yang harmonis dan tertib dengan orang lain
4. Dapat memanfaatkan alam sekitar untuk kemaslahatan dan kebaikan hidup di dunia dan di akhirat.

Sumber :
PAI Kelas XII Semester 1 halaman 36

0 komentar:

Posting Komentar

Peternakan Kelinci Holland Lop Sheno dan Rizky
Jl. Cikadut Dalam (Arah Terminal Cicaheum Bandung) No. 270, RT 6/ RW 3, Mandalajati, Karang Pamulang, Mandalajati, Kota Bandung, Jawa Barat 40273
0819-1050-0571

www.jualkelincihollandlop.info