28 Juli 2009

Fungsi Iman Kepada Hari Akhir

Do you want to share?

Jual Secara Online - Ongkos Kirim Gratis

Aksesoris Jilbab ---- Jilbab ---- Blouse Muslim ---- Baju Anak Muslim ---- Gamis
Sungguh sangat malang bila memiliki akal tapi tidak ber fungsi. Justru lebih baik tidak memiliki sama sekali. Ini akan bisa mengurangi atau bahkan membebaskan diri dari beban. Namun bila memiliki akal dan bisa berfungsi inilah yang benar-benar diharapkan. Maka marilah kita mencoba untuk memperhatikan dan sekaligus merenungkan fungsi iman kepada hari akhir tersebut di bawah ini :

1. Bertindak dengan penuh tanggung jawab
Begitu sulitnya buah dari fungsi iman kepada hari akhir, hal ini sudah menjadi akibat yang melekat bagi mereka yang benar-benar beriman kepada hari akhir. Mereka akan selalu berhati-hati dan waspada atas segala yang diperbuat. Dengan demikian alangkah indah hidup ini bila iman kita kepada hari akhir benar-benar berfungsi.

2. Pandangan hidup optimis
Benar-benar sungguh luar biasa, karena optimis merupakan kunci dari suatu keberhasilan baik keberhasilan di dunia maupun keberhasilan di akhirat. Maka kesimpulan sederhananya bagi mereka yang imannya kepada hari akhir bisa berfungsi, mereka tidak pernah dan tidak bakal pernah mengalami kegagalan hidup. Namun sudah barang tentu mereka yang imannya kepada hari akhir tidak berfungsi, mereka akan selalu dihantui perasaan pesimis di sepanjang masa, sehingga kegagalan demi kegagalan akan terus dirasakan dan dibarengi dengan rasa kekhawatiran yang terus-menerus.

3. Kehidupan yang shalih di masyarakat
Falsalahnya yang akan diupayakan hidup seseorang harus bermanfaat bagi orang lain, hidupnya bagaikan pohon yang akarnya menghujam ke tanah, daunnya melindungi panas orang lain, dan buahnya bisa dinikmati masyarakat, menyadari sepenuhnya bahwa hidup di dunia ibarat tanah ladang untuk bertanam. Begitulah gambaran iman seseorang yang bisa berfungsi, sungguh mereka hidup mulia di hadapan manusia dan hidup muli di hadapan Allah. Maka akan terjadi gambaran sebaliknya, bila iman seseorang terhadap hari akhir tidak berfungsi, yang ditemukan dari mereka adalah, "bila orang lain senang maka dia merasa susah, tetapi bila orang lain susah dia justru senang". Naudzubillah min dzalik. Kita berlindung kepada Allah jangan sampai seperti itu.




Sumber :
PAI Kelas XII Semester 1 hal 25

Rendang Padang Pariaman
YOU MIGHT ALSO LIKE

1 komentar:

elda_eLLasO mengatakan...

terimakasih ini sangat membantu...
please visit http://eldaellaso.blogspot.com/

Poskan Komentar

Advertisements

Advertisements