Anjuran Tahajjud dan Qiamul Lail

"Dan pada sebagian malam hari, bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji." (QS Al Isra [17] : 79)

Rasulullah Saw. bersabda, "Lakukan terus qiamul lail karena itu adalah adat orang-orang saleh sebelum kalian, sarana pendekatan pada Allah, sarana pencegahan dosa, menghapus berbagai kesalahan, dan menolak penyakit dari tubuh."

Juga, "Dua rakaat yang dilakukan di tengah malam, maka itu lebih baik daripada dunia dan seisinya. Andai aku tidak khawatir akan memberatkan umatku, tentu aku sudah mewajibkan dua rakaat itu pada mereka."

Menurut hadist sahih dari jabir bahwa Nabi Saw. bersabda, "Tiap malam ada satu waktu yang apabila seorang muslim mendapatinya sedang meminta kebaikan pada Allah, maka Allah akan mengabulkannya."

Sepertiga malam terakhir adalah waktu yang paling utama untuk melaksanakan shalat tahajud, karena menurut hadits Nabi. Pada waktu itu rahmat Allah turun, sehingga barang siapa berdo'a akan dikabulkan, barang siapa meminta akan diberikan, dan barang siapa memohon ampun akan di ampuni oleh Allah SWT.

Para pakar kesehatan menyatakan bahwa udara sepertiga malam terakhir sangat kaya dengan oksigen dan belum terkotori sehingga sangat bermanfaat untuk optimalisasi metabolisme tubuh. Hal ini jelas sangat besar pengaruhnya terhadap vitalitas seseorang dalam aktifitasnya selama seharian penuh.

Ada yang mau menambahkan? Dipersilahkan berikan di kolom komentar ^_^

1 komentar

Peternakan Kelinci Holland Lop Sheno dan Rizky
Jl. Cikadut Dalam (Arah Terminal Cicaheum Bandung) No. 270, RT 6/ RW 3, Mandalajati, Karang Pamulang, Mandalajati, Kota Bandung, Jawa Barat 40273
0819-1050-0571

www.jualkelincihollandlop.info