GARA-GARA KORUPSI

Akibat korupsi | Gara-Gara korupsi

1. Penegakan hukum dan layanan masyarakat jadi amburadul
Lalu lintas kayaknya bisa jadi contoh yang pas. Dari ngurus SIM sampai sidang kasus tilang, nggak ada lagi yang berjalan sebagaimana mestinya. Ujung-ujungnya, duit dan kekuasaanlah yang berbicara. Kalo nggak punya dua makhluk itu, jangan harap bisa dapat layanan masyarakat yang oke dan keadilan di mata hukum.

2. Pembangunan fisik jadi terbengkalai
Suka bingung kenapa banyak jalanan rusak atau gedung sekolah reyot? Yup, lagi-lagi semua karena korupsi. Mulai dari mengorbankan kualitas bahan bangunan supaya duitnya bisa ditilep, sampai bikin proyek yang sebenernya nggak perlu. Intinya, sedikit banget pembangunan fisik di negara kita yang dijalanin dengan tujuan menghasilkan sesuatu yang kuat dan berguna buat masyarakat.

3. Prestasi jadi nggak berarti
Seharusnya, orang bisa menduduki jabatan tertentu karena dia emang berprestasi dan kompeten. Tapi kenyataan bicara lain: siapa aja bisa menduduki posisi apa saja. Syaratnya? Ya itu tadi punya uang atau kekuasaan. Hasilnya? Banyak banget posisi penting yang diduduki oleh orang yang nggak becus. Kita-kita lagi deh yang kena getahnya.

4. Demokrasi jadi nggak jalan
Pemilihan wakil daerah bisa jadi contoh yang menarik. Abis udah repot-repot dipilih, sebagian tetep aja lebih mengutamakan kepentingan mereka yang punya duit ketimbang mereka yang memilih. Ngeliat situasi ini, jangan heran kalo rakyat bisa jadi nggak percaya sama demokrasi.

5. Ekonomi jadi ancur
Ada dua kata kuncinya: nggak efisien. Mau bikin pabrik, musti nyogok sana sini. Mau buka usaha kecil, kalah sama perusahaan-perusahaan bermodal gede yang deket ama pemegang kekuasaan. Nggak heran orang asing mulai males investasi di Indonesia. Buntut-buntutnya, kita-kita juga yang sengsara. Nyari kerja jadi susah, bertahan hidup apa lagi.

Sumber :
Buku Panduan Kamu Buat Ngelawan Korupsi
halaman 5-6

silahkan jika ingin menambahkan :)

0 komentar:

Posting Komentar

Peternakan Kelinci Holland Lop Sheno dan Rizky
Jl. Cikadut Dalam (Arah Terminal Cicaheum Bandung) No. 270, RT 6/ RW 3, Mandalajati, Karang Pamulang, Mandalajati, Kota Bandung, Jawa Barat 40273
0819-1050-0571

www.jualkelincihollandlop.info