Tips Memilih Bimbingan Belajar yang baik

"Ah, mengada-ada memilih bimbingan belajar saja terlalu susah! Tinggal pilih di antara seribu bimbingan belajar yang ada di kota, dan cepat-cepat daftar. Bukankah mudah? Kalau mau yang kualitasnya bagus, tinggal cari yang biayanya mahal. Bukankah kualitas sebanding dengan harga?"


Anggapan seperti tersebut di atas adalah salah besar. Kualitas suatu bimbingan belajar jelas tidak ada hubungannya dengan biaya dan tidak ada korelasi di antara keduanya. Biaya yang terlalu tinggi justru menunjukkan manajemen yang tidak baik, terlalu boros dengan dana dan tidak efisien.

Susahkah memilih suatu bimbingan belajar? Tergantung dari anda. Kalau anda sudah punya patokan, akan mudah memilih bimbingan belajar yang baik. Sebaliknya, jika anda belum punya patokan, susah bagi anda untuk memilih. Banyak pertimbangan yang perlu diambil dalam memilih bimbingan belajar. Salah satunya adalah kualitas pengajar. Yang satu ini sangat penting. Coba cari informasi mengenai pengajarnya serta reputasinya.

"Jika anda ingin sukses, belajarlah dari orang-orang sukses."

Kualitas materi, SNMPTN mempunyai standar tertentu. Jangan sampai bimbingan belajar yang kita pilih tidak mempunyai buku referensi yang jelas dan tidak punya patokan yang jelas kecuali hanya menjiplak materi bimbingan belajar lain.

Faktor berikutnya adalah Program Bimbingan Belajar. Tanyakan apakah bimbingan tersebut mempunyai rencana yang jelas, minta silabus pengajarannya dan target jumlah pertemuan. Banyak terjadi di bimbingan belajar, SNMPTN sudah tiba, tapi materi pelajaran belum semua terbahas, hanya karena program mereka tidak terencana dengan baik.

Metode Pengajaran dan Fasilitas juga merupakan faktor-faktor yang sangat penting. Coba lihat fasilitas yang diberikan oleh bimbingan belajar tersebut. Tapi jangan lupa mengenai kebenaran dari fasilitas tadi. Banyak bimbingan belajar yang menawarkan fasilitas hanya di brosur sata, tanpa kepastian yang jelas. Fasilitas tersebut antara lain : pemeriksaan try out dengan komputer SNMPTN; ruang diskusi; guru piket untuk konsultasi, dan sebagainya.

Sekarang, anda telah mengetahui bagaimana memilih bimbingan belajar yang baik. Nah, tunggu apa lagi? Tinggalkan kebiasaan lama, dapatkan yang lebih sempurna!

Sumber :
Ganesha Operation

2 komentar

  1. artikelnya bagus, sip... juga kelas XII ya...

    Moga sukses... AMiin

    BalasHapus
  2. @Muizz
    smoga brmanfaat :) ni artikel . Smoga qta semua lulus.. Amin..

    BalasHapus

Peternakan Kelinci Holland Lop Sheno dan Rizky
Jl. Cikadut Dalam (Arah Terminal Cicaheum Bandung) No. 270, RT 6/ RW 3, Mandalajati, Karang Pamulang, Mandalajati, Kota Bandung, Jawa Barat 40273
0819-1050-0571

www.jualkelincihollandlop.info