13 Desember 2009

Mutasi

Do you want to share?

Jual Secara Online - Ongkos Kirim Gratis

Aksesoris Jilbab ---- Jilbab ---- Blouse Muslim ---- Baju Anak Muslim ---- Gamis
Hugo de Vries merupakan ilmuwan pertama yang mengemukakan perubahan fenotid yang mendadak pada bunga Oenothera lamarckiana. Perubahan ini bersifat menurun dan terjadi karena penyimpangan gen. Kemudian Seth Wright juga melaporkan adanya domba Ancon yang berkaki pendek dan bersifat menurun.

Penelitian tentang mutasi juga dilakukan oleh Morgan melalui lalat buah, bahkan salah satu muridnya Herman Yoseph Muller berhasil melakukan mutasi buatan dengan menggunakan sinar-X pada lalat buah Drosophilla melanogaster.

Proses terjadinya mutasi disebut mutagenesis. Makluk hidup yang mengalami mutasi disebut mutan, sedangkan penyebab terjadinya mutasi disebut mutagen. Mutasi secara alami jarang terjadi dan jika terjadi dan jika terjadi biasanya merugikan makhluk hidup mutannya. Semangka tanpa biji yang besarnya berlipat, namun gagal membentuk alat reproduksi generatif.

Berdasarkan tempat terjadinya, mutasi dibedakan menjadi mutasi genetik dan somatic. Mutasi genetik terjadi pada sel-sel gamet dan bersifat diwariskan. Mutasi gametik dikenalkan secara genetik. Mutasi somatik terjadi pada sel-sel soma (sel tubuh), dapat berupa zigot, sel-sel embrio, maupun sel dewasa. Mutasi somatik tidak diwasiskan.

Rendang Padang Pariaman
YOU MIGHT ALSO LIKE

0 komentar:

Posting Komentar

Advertisements

Advertisements