27 April 2010

pemimpin dambaan

Do you want to share?

Jual Secara Online - Ongkos Kirim Gratis

Aksesoris Jilbab ---- Jilbab ---- Blouse Muslim ---- Baju Anak Muslim ---- Gamis

Bila masa lalu begitu mudah di temukan sosok pemimpin yang di harapkan/di dambakan, terutama dalam islam, maka pada masa sekarang enah masih ada ataukah sudah tiada, yang jelas sudah menjadi hal yang sangat langka sekali.

Menjadi seorang pemimipin itu tidak mudah. Kalau untuk menjadi pemimpin yang asal-asalan memang tidak dituntut syarat tertentu/minimal. Seorang pemimpin semestinya memiliki bekal-bekal minimal sebagai berikut:

1. Memiliki Kharisma
Menjadi pemimpin itu tidak mudah. Tidak semudah yang dibayangkan orang. Ia harus siap secara intelektual dan moral. Karena ia akan menjadi figur yang diharapkan banyak orang / bawahan. Perilakunya harus menjadi teladan / patut diteladani. Seorang pemimpin adalah seseorang yang mempunyai kemampuan diatas kemampuan rata-rata bawahannya. Singkatnya: seorang pemimipin harus mempunyai karisma. Karakteristik pemimpin yang punya karisma adalah:

  1. Perilakunya terpuji
  2. Jujur dan dapat dipercaya
  3. Memegang komitmen
  4. Konsisten dengan ucapan
  5. Memiliki moral agama yang cukup.

2. Memiliki Keberanian

Tidak lucu bila seorang pemimpin tidak memiliki keberanian. Minimal keberanian berbicara, mengemukakan pendapat, beradu argumentasi dan berani membela kebenaran. Secara lebih khusus keberanian itu ditunjukkan dalam komitmen berani membela yang benar, memegang tegug pada pendirian yang benar, tidak takut gagal, berani ambil resiko, dan berani bertanggungjawab

3. Memiliki kemampuan mempengaruhi orang lain
Salah satu ciri bahwa seseorang memiliki jiwa kepemimpinan adalah kemampuannya mempengaruhi seseorang untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Dengan kemampuannya berkomunikasi, ia dapat mempengaruhi orang lain. Adapun cara-cara untuk mempengaruhi orang lain antara lain:

  1. Membuat orang lain merasa penting
  2. Membantu kesulitan orang lain
  3. Mengemukakan wawasan dengan cara pandang yang positif
  4. Tidak merendahkan orang lain
  5. Memiliki kelebihan atau keahlian.
  6. Mampu Membuat Strategi

Seorang pemimpin semestinya identik dengan seorang ahli strategi. Maju-mundurnya perusahaan, gagal-berhasilnya suatu organisasi, banyak ditentukan oleh strategi yang dirancang oleh pimpinan perusahaan atau pimpinan organisasi. Adapun kriteria seorang pemimpin yang mampu menyusun strategi:

  1. Menguasai medan
  2. Memiliki wawasan luas
  3. Berpikir cerdas
  4. Kreatif dan inovatif
  5. Mampu melihat masalah secara komprehensif
  6. Mampu menyusun skala prioritas
  7. Mampu memprediksi masa depan.
  8. Memiliki Moral yang Tinggi

Banyak orang berpendapat bahwa moralitas merupakan ukuran berkualitas atau tidaknya hidup seseorang. Apalagi seorang pemimpin yang akan menjadi panutan. Seorang pemimpin adalah seorang panutan yang secara moral dapat dipertanggungjawabkan. Tanda-tanda seorang pemimpin yang bermoral tinggi:

  1. Tidak menyakiti orang lain
  2. Menghargai siapa saja
  3. Bersikap santun
  4. Tidak suka konflik
  5. Tidak gegabah
  6. Tidak mau memiliki yang bukan haknya
  7. Perkataannya terkendali dan penuh perhitungan
  8. Perilakunya mampu dijadikan contoh.
  9. Mampu menjadi Mediator

Seorang pemimpin yang bijak mampu bertindak adil dan berpikir obyektif. Dua hal tersebut akan menunjang tugas pimpinan untuk menjadi seorang mediator. Syarat seorang mediator meliputi beberapa kriteria:

  1. Berpikir positif
  2. Setiap ada masalah selalu berada di tengah
  3. Memiliki kemampuan melobi
  4. Mampu mendudukkan masalah secara proporsional
  5. Mampu membedakan kepentingan pribadi dan kepentingan umum.

Syarat Pemimpin Menurut Syariah Islam

Ada beberapa kriteria syarat-syarat pemimpin menurut syariah islam.

  1. Beriman dan beramal saleh. Ini sudah pasti tentunya. Kita harus memilih pemimpin orang yang beriman, bertaqwa, selalu menjalankan perintah Allah dan rasulnya. Karena ini merupakan jalan kebenaran yang membawa kepada kehidupan yang damai, tentram, dan bahagia dunia maupun akherat. Disamping itu juga harus yang mengamalkan keimanannya itu yaitu dalam bentuk amal soleh.
  2. Berilmu, Para pemimpin harus mempunyai ilmu baik ilmu dunia maupun ilmu akherat. Karena dengan ilmu ini maka akan membawa perubahan ke arah yang lebih baik dalam bentuk pembangunan fisik maupun spiritual, baik pemabanugnan infrastruktur maupun pembangunan manusianya itu sendiri. Ilmu di dapat tidak harus melalui sekolah yang formal, tapi bisa di dapat dari mana saja yang penting bisa mengamalkan ilmunya itu dan nampak hasilnya ditengah-tengah masyarakat.
  3. Jujur. Ya, seorang pemimpin tentunya harus jujur. Apa yang disampaikan kepada masyarakat tentunya harus dilaksanakan, dan apa yang dikatakannya harus sesuai hendakyan dengan perbuatannya.
  4. Tegas. Merupakan sikap seorang pemimpin yang selalu di idam-idamkan oleh rakyatnya. Tegas bukan berarti otoriter, tapi tegas maksudnya adalah yang benar katakan benar dan yang salah katakan salah serta melaksanakan aturan hukum yang sesuai dengan Allah, SWT dan rasulnya.
  5. Amanah, bertanggung jawab. Maksudnya adalah melaksanakan aturan-turan yang ada dengan sebaik-baiknya dan bertanggungjawab terhadap peraturan yang telah dibuat. Dan tentunya peraturan yang dibuat itu yang berpihak kepada rakyat.

Akankah Indonesia Jadi Lebih Baik?

Memang tidak ada larangan, siapa pun bisa untuk menjadi seorang pemimpin. Namun sudah selayaknya seorang pemimpin itu adalah yang pantas menjadi seorang pemimpin, yaitu yang memenuhi syarat dan kriterua di atas,Karena menjadi pemimin amanahnya sangat berat yang akan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah, dan pemimpin pulalah yang pertama-tama di tanyai pertanggung jawaban.


Rendang Padang Pariaman
YOU MIGHT ALSO LIKE

0 komentar:

Posting Komentar

Advertisements

Advertisements