27 Oktober 2011

Gambar Denah

Do you want to share?

Jual Secara Online - Ongkos Kirim Gratis

Aksesoris Jilbab ---- Jilbab ---- Blouse Muslim ---- Baju Anak Muslim ---- Gamis
Denah adalah merupakan salah satu bagian terpenting dari suatu gambar bangunan. Denah atau 'plan' dalam bahasa inggrisnya, berasal dari kata latin 'planum' yang artinya dasar. Dalam hal ini dapat lebih jauh diartikan sebagai lantai atau tempat dimana kita berpijak.

Gambar denah adalah sebenarnya juga sama dengan gambar potonga, tapi disini memotongnya dengan suatu bidang datar yang horizontal. Umungan ini dalam menggambar denah kita lakukan dengan ketinggian kurang lebih 80-100 cm diatas lantai.
Tujuan pembuatan denah adalah untuk menjelaskan ruang-ruang tiga dimensional yang direncanakan, baik dari segi hubungan ruangannya, dimensinya, maupun fungsinya. Untuk lantai dasar (lantai satu) terkadang perlu juga diperhatikan bagaimana hubungan antara ruang dalam (interior) dan ruang luar (exterior). Oleh sebab itu pada gambar denah selain berupa batas-batas ruang yang berupa potongan dinding ataupun partisi dari pembukaan-pembukaan jendela, pintu dan sebagainya, sebaiknya perhatikan juga:
  • -          Susunan perabotan (furniture)
  • -          Gerak aktifitas manusia
  • -          Notasi-notasi ketinggian lantai, dll.
Yang semua ini disesuaikan dengan skala yang dipakai. Gambar denah tersebut bias dikatakan berhasil, bila ternyata yang melihat secara langsung dapat merasakan bagaimana dimensi dan keleluasaan ruang geraknya serta mengenal fungsinya, bahwa ruang tersebut adalah ruang tidur, ruang makan, dapur, dan sebagainya.

Rendang Padang Pariaman
YOU MIGHT ALSO LIKE

0 komentar:

Posting Komentar

Advertisements

Advertisements