Manfaat dan Khasiat Bunga Kenop

Manfaat dan Khasiat Bunga Kenop

Bunga Kenop (Gomphrena Globosa L) Merupakan herba tahunan ini tingginya 60 cm lebih,berambut dan berasal dari amerika dan asia,ditanam sebagai tanaman hias,namum banyak yang tumbuh liar di ladang-ladang yang cukup mendapat sinar matahari.

Bunga Kenop Batangnya hijau kemerahan , berambut , membesar pada ruas percabangan,daunnya duduk berhadapan,bertangkai,bentuknya bulat telur sungsang dengan panjang 4-10 cm dan lebar 2-5 cm,duan tersebut runcing diujungnya,berwarna hijau,dibagian atasnya berambut halus,bunganya seperti bola,merah tua keunguan atau putih,berbentuk bongkol.

Manfaat dan Khasiat Bunga Kenop
Manfaat dan Khasiat Bunga Kenop

Manfaat dan Khasiat Tanaman Bunga Kenop Untuk Obat :
  1.  Sebagai Obat Asma Bronchial. 10 kuntum bunga direbus, tambahkan arak kuning, kemudian minumlah secara rutin 3x sehari.
  2. Dapat Melancarkan Buaang Air Kecil. Ambil 3-10 gram bunga direbus,kemudian diminum.
  3. Sebagai Obat Panas Pada Anak Karena Liver. Minum rebusan 7-14 kuntum bunga segar.
  4. Dapat Mengobati Disentri. Ambil 10 kuntuk bunga segar ditambah arak kuning,direbus dan diminum.
  5. Dapat Mengobati Luka Atau Korengan. Tanaman segar dilumatkan,kemudian dibalurkan pada bagian yang sakit(bisa juga direbus dan airnya dipakai untuk mencuci bagian yang luka).
  6. Asthma bronchial. 10 kuntum bunga direbus, ditambah arak kuning, minum secara rutin 3 kali sehari.
Bunga kenop, kembang puter, ratnapakaja (Indonesia); Adas-adasan, gundul (Jawa), Taimantulu (Gorontalo).; Qian hong (China).;
Penyakit Yang Dapat Diobati :
Asma, Batuk, Radang mata, Sakit kepala, Mimpu buruk; Sakit panas, Disentri.

Sifat Kimiawi dan Efek FARMAKOLOGIS :
Rasa manis, netral. Anti batuk, menghilangkan sesak (antiasthmatic), pengobatan radang mata. KANDUNGAN KIMIA: Gomphresin I, II, Ill, V, VI.

Dari Manfaat Tanaman Obat Bunga Kenop diatas kita patut bersyukur kepada Allah SWT yang telah menciptakan Tanaman Obat yang penuh manfaat yang baik dan sehat bagi tubuh kita ,Ini merupakan salah satu bentuk kasih sayang Allah kepada kita umatnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Peternakan Kelinci Holland Lop Sheno dan Rizky
Jl. Cikadut Dalam (Arah Terminal Cicaheum Bandung) No. 270, RT 6/ RW 3, Mandalajati, Karang Pamulang, Mandalajati, Kota Bandung, Jawa Barat 40273
0819-1050-0571

www.jualkelincihollandlop.info