31 Desember 2009

Jiu-jitsu

Do you want to share?

Jual Secara Online - Ongkos Kirim Gratis

Aksesoris Jilbab ---- Jilbab ---- Blouse Muslim ---- Baju Anak Muslim ---- Gamis
Oleh : Siswojo

Jiu-jitsu adalah suatu teknik pertahanan dan penyerangan yang dilakukan tanpa senjata, yang telah digunakan selama lebih dari dua ribu tahun lamanya oleh para keluarga kerajaan dan prajurit Jepang. Pada waktu jaman feodal banyak macam teknik penyerangan dan pertahanan seperti memakai panah, pedang, tombak bedil dan lain-lainnya. Yang tidak kalah populernya adalah Jiu-jitsu ini, karena dapat digunakan menyerang tanpa senjata atau mempertahankan diri dari serangan lawan yang bersenjata. Setiap suku mempunyai teknik sendiri-sendiri yang berlainan dengan suku lainnya. Mereka selalu bangga dengan yang dimilikinya dan berkeyakinan bahwa tekniknya lebih unggul dari pada yang dimiliki oleh suku lainnya. Maka terjadilah persaingan-persaingan, yang berakibat banyak yang terjadi perkelahian-perkelahian antar perguruan.

Pada waktu memuncaknya kepopuleran Jiu-jitsu lahirlah seorang pemuda bernama Jigoro Kano yang sangat giat mempelajari bermacam-macam teknik dari beberapa perguruan yang terkenal antara lain dua orang guru ahli Jiu-jitsu, Hoshino dan Tsutsumi. Setelah cukup kepandaian dan pengalaman yang diperolehnya, maka dia merumuskan bermacam-macam teknik yang dipelajarinya itu menjadi lima unsur saja. Yaitu teknik menggunakan kaki, teknik menggunakan tangan, teknik menggunakan pinggang, teknik pengorbanan dan teknik perkelahian di lantai. Dengan penemuan prinsip rumusan-rumusan baru itu maka Jigoro Kano mendapat tantangan-tantangan yang tidak ringan hampir semua perguruan Jiu-jitsu. Dimana mereka tidak mau memahami penemuan baru tersebut.

Pada tahun 1882, Dr. Jigoro Kano mendirikan perguruan sendiri yang dinamai Kodokan yang dapat diartikan "Sekolah untuk mempelajari teknik atau cara." Dengan timbulnya perguruan baru ini, maka banyak perguruan yang terkenal mencoba mengunggulinya. Untuk menentukan mama yang terbaik antara Kodokan dan perguruan-perguruan lainnya itu, maka diadakanlah pertandingan-pertandingan. Dalam semua pertandingan itu Jigoro Kano belum pernah dikalahkan. Maka secara resmi teknik penemuan baru itu dinyatakan yang terbaik, sehingga kepolisian di kota Metropolitan Tokyo mewajibkan anggota-anggotanya dibekali pendidikan rumusan baru dari Dr. Jigoro Kano ini yang dinamakan Judo.

Rendang Padang Pariaman
YOU MIGHT ALSO LIKE

2 komentar:

baezur mengatakan...

jigoro kano blm prnah ketmu pendkr silat, kayaknya bgus klo di uji tuh, silat jg jurusnya bnyk macamnya

pejuang mengatakan...

Klo diadakan pertandingan pencak vs jiu-jitsu mungkin seri x ya hehehe.. :P

Posting Komentar

Advertisements

Advertisements