Taliban: Damai? Damai Apa?

eramuslim.com. Kaum Mujahidin Taliban di provinsi Afghanistan timur Nuristan sekali lagi menegaskan bahwa mereka menolak untuk mengadakan pembicaraan damai dengan pemerintah Afghanistan.

Mereka mengatakan kepada Al Jazeera bahwa mereka sesungguhnya memenangkan perang dan tidak melihat perlunya negosiasi damai.

Pernyataan ini muncul setelah para delegasi pada konferensi perdamaian Afghanistan, yang dalam bahasa lokal disebut jirga, meminta pemerintah mereka sendiri untuk mengadakan pembicaraan damai dengan Taliban.

Mereka mengatakan bahwa berbicara dengan Taliban adalah kesempatan terakhir untuk perdamaian.

Sekitar 1.500 delegasi, yang mewakili seluruh spektrum politik dan sosial Afghanistan, menghadiri pertemuan yang diselenggarakn di pinggiran tenggara Kabul itu.

Tujuan jirga ini adalah merumuskan rencana bagi Hamid Karzai, presiden Afghanistan, untuk mengadakan pembicaraan rekonsiliasi dengan Taliban.

Tak lama setelah jirga berakhir, Karzai segera mengeluarkan tawaran terbarunya untuk Taliban, memerintahkan bahwa kelompok pejuang Taliban yang ditahan di penjara-penjara Afghanistan harus dibebaskan.

Pada kenyataannya, Taliban tampaknya tidak begitu antusias untuk melakukan pembicaraan. Mungkin dengan satu syarat: pasukan asing haruslah terlebih dahulu mundur dari tanah air mereka.

0 komentar:

Posting Komentar

Peternakan Kelinci Holland Lop Sheno dan Rizky
Jl. Cikadut Dalam (Arah Terminal Cicaheum Bandung) No. 270, RT 6/ RW 3, Mandalajati, Karang Pamulang, Mandalajati, Kota Bandung, Jawa Barat 40273
0819-1050-0571

www.jualkelincihollandlop.info